Keuntungan Bahan Aluminium Dalam Struktur Bangunan

Aluminium menjadi material yang paling sering Anda temukan pada saat hendak membangun sebuah rumah, sekolah, sampai beberapa gedung lainnya. Bahkan material satu ini menjadi salah satu bahan baku di banyak produk toko bangunan.

Sehingga wajar apabila Anda harus mengetahui beberapa fungsi sampai keuntungan yang didapat ketika menggunakan aluminium.

Jenis material satu ini tidak termasuk sebagai material logam berat, tetapi sangat melimpah di dunia. Selain itu, pemanfaatannya tidak hanya berguna bagi bahan bangunan saja melainkan sangat kompleks karena hampir di sektor kehidupan manusia tidak terlepas dari penggunaan material ini. Berikut ialah manfaat dan keuntungan penggunaan material ini.

Manfaat Aluminium

1.      Menopang jendela atau pintu

Tentunya Anda sudah tidak asing dengan penggunaan material Al sebagai bahan untuk pembuatan jendela maupun pintu. Hal ini dapat berfungsi untuk menopang dan memperkuat kaca yang seringkali digunakan pada jendela.

Sementara itu, bagi pintu sendiri material ini berfungsi untuk memperkokoh. Sehingga termasuk ke dalam salah satu jenis bahan baku pembuatan pintu sampai kusen pintu yang cukup kuat. Contohnya ialah pintu kamar mandi, sampai pintu utama yang menggunakan aluminium sebagai kusennya.

2.      Berguna sebagai pagar

Bahan utama pembuatan pagar yang sering Anda temui juga berasal dari material satu ini. Salah satu keunggulannya ialah kemudahan dalam pemasangannya sampai kemampuan dari Al yang tidak mudah berkarat dibandingkan besi yang dahulu sempat populer digunakan sebagai pagar rumah.

Selain itu, penggunaannya dinilai lebih menghemat biaya pembuatan pagar karena tidak perlu mengecat kembali seperti yang dilakukan pada saat menggunakan besi sebagai pagar. Hal ini dikarenakan Al sendiri memiliki warna alami yang cantik dan unik.

3.      Sebagai dinding penyekat

Umumnya orang menggunakan beton sebagai dinding penyekat yang memisahkan dua ruangan yang berbeda. Namun, apabila menggunakan aluminium Anda juga bisa memadukannya dengan kaca untuk mempercantik dan mempermudah pembuatan sekat antara dua ruangan.

Hal ini wajar ditemukan pada beberapa perkantoran sampai restoran yang seringkali Anda temukan di wilayah urban. Sehingga bukan masalah yang besar apabila Anda ingin menerapkannya ke dalam bangunan yang sedang Anda bangun.

4.      Kerangka rolling door

Material Aluminium juga berfungsi sebagai salah satu bahan utama dalam kerangka rolling door. Tentunya Anda dengan mudah menemukan rolling door hampir di semua tempat umum yang memiliki fungsi sama dengan pintu pada umumnya.

Keuntungan Penggunaan Material Aluminium

·         Harga yang terjangkau

Seperti yang sempat disinggung di atas, penggunaan Al sebagai material dalam berbagai bidang dinilai cukup banyak menghemat pembangunan. Mulai dari mengganti dinding beton sebagai dinding penyekat, rolling door, sampai kusen jendela atau pintu yang menghabiskan dana lebih sedikit daripada sebelumnya.

·         Anti korosi

Keuntungan lainnya yang Anda dapatkan adalah kemungkinan korosif yang jarang terjadi pada bahan material Al. Hal ini sangat baik digunakan pada kusen jendela yang juga seringkali mengalami penyusutan pada saat perubahan cuaca tertentu atau risiko rayap pada kusen yang terbuat dari kayu.

·         Perawatan yang mudah

Terakhir, keuntungan penggunaan material satu ini ialah perawatan yang cukup mudah dilakukan. Anda tidak memerlukan beberapa penyemprot khusus yang dibuat untuk jenis bahan material tertentu, cukup melakukan pembersihan dan perawatan sewajarnya saja untuk menghindari debu.

Nah, di atas adalah beberapa manfaat dari aluminium sampai keuntungan yang Anda dapatkan ketika menggunakan material ini sebagai bahan tertentu pada proses pembangunan.

Anda juga dapat menemukan material ini dengan mudah di toko bangunan terdekat. Salah satunya adalah jasa aluminium Jogja Mulya Teknik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *